Konten Berita

...

Peningkatan Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan dengan Metode Pendekatan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Puskesmas Sekupang Kota Batam

WhatsApp Image 2020 03 16 at 10.47.18

Gambar : Rapat Peningkatan Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan dengan Metode Pendekatan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Puskesmas Sekupang Kota Batam

        Dalam meningkatkan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Provinsi Kepulauan Riau khususnya di Kota Batam, maka Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau kembali mengadakan kegiatan Peningkatan Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan dengan Metode Pendekatan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Ruang Rapat Puskesmas Sekupang Kota Batam pada Tanggal 12 s/d 13 Maret 2020.

 

         Tujuan kegiatan ini dilakukan adalah agar proses penyelenggaraan kesehatan tradisional baik yang dilakukan  Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Puskesmas dan Rumah Sakit dapat berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan yang ada.

         Pada kegiatan ini dihadiri juga oleh Kasie Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dr. Agus Kamal Purba, MPH, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Kota Batam, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional Dinas Kesehatan Kota.

         Peserta kegiatan ini sebanyak 20 orang, yang berasal dari Dinas Kesehatan Kota Batam, beberapa Puskesmas dan Rumah Sakit di Kota Batam Pelayanan Kesehatan Tradisional di Dinas Kesehatan Kota Batam berada di Bidang Pelayanan Kesehatan sehingga untuk kegiatan yang berkaitan dangan kesehatan tradisional blm terlaksana secara maksimal karena seksi tersebut membawahi Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional.

       Untuk kegiatan yang berkaitan dengan Kesehatan Tradisional, Dinas Kesehatan Kota Batam sudah mulai di dukung oleh pemerintah setempat dilihat dari beberapa waktu yang lalu Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional pernah mengadakan pertemuan tentang penyehat tradisional dengan beberapa puskesmas terlatih serta penyehat tradisional pada Tahun 2019.

       Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau menampilkan data dan juga nama tenaga kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit yang telah mengikuti beberapa pelatihan pelayanan kesehatan tradisional pada tahun 2015 s/d 2019 dalam kegiatan peningkatan ini Terdapat sekitar 17 orang tenaga kesehatan terlatih Akupresur dan 8 orang tenaga kesehatan terlatih pada pelatihan Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional dengan Pemanfaatan TOGA dan Akupresur di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Batam, akan tetapi terdapat beberapa petugas terlatih yang sudah pindah dari puskesmas tempat mereka mendapatkan pelatihan Ditampilkannya sejumlah data pelayanan kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit bertujuan agar petugas terlatih segera membuka pelayanan dan didukung oleh Dinas Kesehatan setempat.

 

 

Penulis : NS

...

Peningkatan Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan dengan Metode Pendekatan Pelayanan Kesehatan Tradisional

WhatsApp Image 2020 02 26 at 10.24.49

Gambar  : Rapat Peningkatan Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan dengan Metode Pendekatan Pelayanan Kesehatan Tradisional

Pelayanan Kesehatan Tradisional semakin diminati masyarakat saat ini termasuk Provinsi Kepulauan Riau dan menjadi salah satu pilihan dalam menyelesaikan masalah kesehatan. Kebijakan pemerintah kesehatan RI dalam mengembangkan pelayanan kesehatan tradisional yang diberlakukan di semua provinsi adalah dengan mengintegrasikan ke pelayanan kesehatan konvensional yang selama ini digunakan di Indonesia.

 

Pada Renstra Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau 2016-2021, program pelayanan kesehatan tradisional memiliki sasaran strategis untuk meningkatkan pembinaan, pengembangan dan pengawasan upaya kesehatan tradisional dengan indikator puskesmas yang menyelenggarakan kesehatan tradisional. Indikator kedua adalah jumlah fasilitas kesehatan tingkat lanjut. Dengan berlandaskan hukum : Undang – Undang no. 36 tahun 2006 tentang kesehatan pasal 47, 48 dan 59.

Peraturan pemerintah no 103 tahun 2014 tentang pelayanan kesehatan tradisional dan permenkes no 37 tahun 2017 tentang pelayanan kesehatan tradisional integrasi.Dimana tujuan kegiatan ini dilakukan adalah agar proses penyelenggaraan kesehatan tradisional baik yang dilakukan  Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Puskesmas dan Rumah Sakit dapat berjalan dengan baik sesuai dngan peraturan yang ada.

Kegiatan rapat Peningkatan Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan Dengan Metode Pendekatan Pelayanan Kesehatan Tradisional ini dilakukan di Ruang rapat Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lingga dihadiri oleh Kasubdita Yankes Tradisional Integrasi Dirjen Yankes Kemenkes RI dr. Gita Swisari, MKM dan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Prov Kepri dr. Hj. Sulastri, M.Si selaku narasumber dengan jumlah peserta sebanyak 23 orang, diantaranya berasal dari Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Lingga, beberapa Puskesmas dan Rumah Sakit di Kab. Lingga serta linats sektor PTSP dan BAPEDA kab. Lingga dan dihadiri juga oleh Ibu Bupati Kab. Lingga.

 

Penulis : NS

...

Tingkatkan Yankes Dasar Dengan Metode Pendekatan Pelayanan Kesehatan Tradisional

WhatsApp Image 2018 11 13 at 13.37.49

Peserta Pertemuan Pelayanan Kesehatan Dasar Dan Rujukan Dengan Pendekatan Pelayanan Kesehatan Dasar

Saat ini pelayanan kesehatan tradisional semakin diminati masyarakat termasuk di Provinsi Kepulauan Riau dan menjadi salah satu pilihan dalam menyelesaikan masalah kesehatannya. Berbagai jenis dan cara pengobatan tradisional telah berkembang dengan pesat, baik yang berasal dari lokal maupun luar negeri meskipun belum mempunyai cukup bukti ilmiah.

 

WhatsApp Image 2018 11 13 at 13.37.51

Kebijakan Kementerian Kesehatan RI dalam mengembangkan pelayanan kesehatan tradisional yang dberlaku bagi semua Provinsi adalah dengan mengintegrasikan ke pelayanan kesehatan konvensional yang selama ini digunakan oleh Indonesia. Dalam implementasinya perlu berbagai upaya secara eksternal dan internal. Dukungan secara eksternal dalam pelayanan kesehatan tradisional diperlukan terutama dalam penelitian manfaat tanaman obat keluarga. Pengembangan internal di pelayanan kesehatan bukanlah terpisah dari pelayanan konvensional dan manajemen puskesmas atau rumah sakit. Selain itu juga pengembangan pelayanan kesehatan tradisional yang dilakukan oleh penyehat tradisional (Hattra) dibina oleh Dinas Kesehatan dan Jajarannya untuk dapat memberikan pelayanan tradisional yang aman, bermanfaat, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam menjalankan amanat UU nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan yang didalamnya juga telah mengatur tentang pelayanan kesehatan tradisional, dalam pencapaian programnya pada Rencana Strategis (Renstra) Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau 2016-2021, Program pelayanan kesehatan tradisional memiliki sasaran strategis untuk meningkatkan pembinaan, pengembangan dan pengawasan upaya kesehatan tradisional dengan indikator presentase puskesmas yang menyelenggarakan kesehatan tradisional.

Puskesmas yang menyelenggarakan kesehatan tradisional terhadap masyarakat di wilayah kerjanya harus memenuhi salah satu kriteria di bawah ini :

  1. Puskesmas yang memiliki tenaga kesehatan sudah dilatih pelayanan kesehatan tradisional;
  2. Puskesmas yang melaksanakan asuhan mandiri kesehatan tradisional ramuan dan keterampilan;
  3. Puskesmas yang melaksanakan kegiatan pembinaan meliputi pengumpulan data kesehatan tradisional, fasilitasi registrasi/perizinan dan bimbingan teknis serta pemantauan pelayanan kesehatan tradisional.

Indikator kedua yang tercantum dalam Renstra Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau adalah jumlah Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut (FTKL) yang berintegrasi Kesehatan Tradisional, dimana bagi Rumah Sakit yang sudah memiliki tenaga kesehatan Tradisional atau tenaga kesehatan terlatih kesehatan tradisional wajib membuka/ melaksanakan kegiatan dimaksud.

Peningkatan pelayanan kesehatan dasar dan rujukan dengan metode pendekatan pelayanan kesehatan tradisional. bersumber pada Anggaran APBD Tahun 2018 terdiri atas Belanja habis pakai, cetak dan penggandaan, makan minum rapat serta perjalanan dinas dalam daerah dan luar daerah. Kegiatan ini melibatkan Dinas Kesehatan Kab./Kota, Puskesmas dan Rumah Sakit yang memenuhi salah satu kriteria dalam penyelenggaraan kesehatan tradisional.

Kegiatan Peningkatan pelayanan kesehatan dasar dan rujukan dengan metode pendekatan pelayanan kesehatan tradisional di Provinsi Kepulauan Riau dilaksanakan secara swakelola, yang dilaksanakan pada tanggal 23-23 Oktober 2018 di Davienna Boutique Hotel, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Dirjen Yankes Kemenkes RI, Dr. dr. Ina Rosalina, Sp.A(K), MH.Kes, M.Kes dan juga 25 orang peserta yang terdiri dari :

  • Dinas Kesehatan Kab/ Kota : 6 orang
  • Puskesmas : 13 orang
  • RS pemerintah : 2 orang
  • Lintas Program : 2 orang
  • Asosiasi Penyehat Tradisional : 2 orang

Kegiatan Peningkatan pelayanan kesehatan dasar dan rujukan dengan metode pendekatan pelayanan kesehatan tradisional. dimaksudkan agar proses penyelenggaraan kesehatan tradisional baik yang dilakukan di Dinas Kesehatan Kab./Kota, puskesmas dan Rumah Sakit dapat berjalan dengan baik dan sesuai peraturan yang ada. Dimana kegiatan ini dilaksanakan bertujuan agar puskesmas memiliki tenaga kesehatan yang terlatih dalam pelayanan kesehatan tradisional, puskesmas mampu melaksanakan asuhan mandiri kesehatan tradisional, Dinas Kesehatan Kab./Kota dan Puskesmas mampu melakukan pembinaan serta pemantauan fasilitas pelayanan kesehetan tradisional di wilayah kerjanya, pelayanan di Rumah sakit bisa berintegrasi dengan pelayanan Kesehatan Tradisional.

NS - Kestrad

Kontak Kami