Konten Berita

...

Dinkes Kepri Tingkatkan Kualitas Tim Manajemen Krisis

Sebagai pembelajaran dari evaluasi penanganan pandemi COVID-19 sekaligus sebagai bentuk kesiapan Pemerintah dalam menghadapi krisis kesehatan di masa yang akan datang, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau melalui bidang pelayanan Kesehatan menyelenggarakan kegiatan peningkatan Peningkatan Kapasitas Tim Manajemen Krisis Kesehatan Dan (TCK –EMT) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024, di Kota Tanjungpinang. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Moh. Bisri yang didampingi oleh Susilo Budi Hartanto sebagai kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kepri.

kRISIS

Peserta pada kegiatan ini berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, RSUD Kota Tanjungpinang, RSUD Raja Ahmad Tabib, Dinas Kesehatan Angkatan Laut Rumkital Dr.Midiyato Suratani, Dinas Sosial Provinsi Kepri, BPBD Provinsi Kepri dan Puskesmas Tanjungpinang dengan total peserta sebanyak 36 orang. Dengan menghadirkan Narasumber dari Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI, Komdandan Dalesemen wilayah Kesehatan, Kepala BPBD Kepri, Ketua PPNI Kepri.

Kepala Dinas Kesehatan Moh, Bisri dalam sambutannya menyampaikan bahwa Salah satu sasaran strategis untuk penguatan sistem penanganan bencana dan kedaruratan kesehatan adalah kesiapan sumber daya manusia yang kompeten dalam menghadapi Krisis . Pemerintah terus mendorong kesiapsiagaan menghadapi krisis kesehatan melalui pengembangan Tenaga Cadangan Kesehatan (TCK).

TCK, baik tenaga medis, tenaga, kesehatan maupun non tenaga kesehatan, disiapkan dan dibina pada masa prakrisis kesehatan untuk dimobilisasi pada situasi darurat krisis kesehatan dalam rangka memperkuat kapasitas tenaga kesehatan dan program kesehatan di wilayah terdampak. Selain itu TCK juga dapat ditugaskan untuk berkontribusi dalam upaya pengurangan risiko krisis kesehatan. (DS-Rujukan)

Kontak Kami