Konten Berita

...

Dinkes Kepri lakukan Pembinaan dan Pengawasan Jejaring Pelayanan Kesehatan di FKTP

FKTP Batam

 

Dinas Kesehatan Provinsi kepulauan Riau melalui bidang Pelayanan Kesehatan melakukan kunjungan ke Dinas Kesehatan Kota Batam dalam rangka melakukan Pembinaan dan Pengawasan Jejaring Pelayanan Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Peningkatan Jejaring Pelayanan Kesehatan di FKTP bertujuan untuk penguatan dinas kesehatan provinsi/kabupaten/kota sebagai Pembina Klinik dan Praktek Perorangan di wilayah kerjanya.

Dalam kunjungan ini Dinas Kesehatan Provinsi mengharapkan Dinas Kesehatan Kota Batam untuk dapat melanjutkan pelaksanaan Program Implementasi Penyelenggaraan Integrasi Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat dengan FKTP Lainnya Dalam Pelaksanaan Program Prioritas (TB, HT, DM) melalui pelayanan kesehatan dengan konsep care pathway dan person centered care.

Selain itu Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau juga menghimbau untuk melakukan Pencatatan dan pelaporan pada program jejaring di FKTP dengan melakukan identifikasi jejaring yang ada di wilayah kerja per-enam bulan, jejaring di minta mengisi laporan LB untuk dapat dilaporkan ke dinkes setiap bulan, serta melakukan supervisi ke jejaring serta melakukan pembinaan yang meliputi aspek administrasi dan manajemen, pelayanan klinik, pelayanan kefarmasian dan laboratorium.

Klinik dan Tempat Praktik Mandiri Tenaga Kesehatan merupakan jejaring Puskesmas yang umumnya sering dimanfaatkan pelayanan kesehatannya oleh masyarakat. Penyelenggara Klinik sendiri dapat berasal dari swasta/ masyarakat, sedangkan Tempat Praktik Mandiri Tenaga Kesehatan dikelola oleh tenaga kesehatan itu sendiri. Kedua fasilitas pelayanan kesehatan ini memiliki potensi yang baik sebagai FKTP lainnya yang diharapkan dapat menerima beban UKP Puskesmas dengan baik. (Rio)

Kontak Kami