Konten Berita

...

Dinkes Kepri Gelar Pertemuan Lintas Sektor, Bahas Isu Kesehatan Ibu dan Anak Termasuk Masalah Gizi

Masalah kesehatan ibu, anak dan permasalahan gizi masih menjadi prioritas utama dalam pembangunan nasional bidang kesehatan. Berdasarkan Hasil SKI (Survei Kesehatan Indonesia) tahun 2023 prevalensi stunting di Kepulauan Riau sebesar 16,8%. Prevalensi ini meningkat dari tahun 2022 yaitu 15,4%. Provinsi Kepulauan Riau merupakan provinsi dengan prevalensi terendah nomor 5 se Indonesia.

Dalam rangka penanggulangan masalah tersebut diatas, Dinas Kesehatan Provinsi Kepri melalui seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat menyelenggarakan Pertemuan Evaluasi Lintas Sektor Kesehatan Ibu dan Anak Terkait Masalah Gizi. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 3-6 Oktober 2024 di Hotel One Of a Kind di Kabupaten Bintan yang diikuti 48 orang perserta yang terdiri dari Pengelola Program Gizi dan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau.

Pada pertemuan ini Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau mengundang narasumber dari Kementerian Kesehatan RI, DP3KB Provinsi Kepulauan Riau, Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau, Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Kota Tanjungpinang.

Diharapkan pada pertemuan ini dapat meningkatkan peran aktif lintas program dan lintas sektor dalam memberikan layanan secara komprehensif serta meningkatnya akses dan kualitas upaya kesehatan keluarga dalam rangka perecepatan penurunan AKI dan AKB dan juga Meningkatnya perbaikan gizi masyarakat dalam rangka percepatan penurunan stunting. (SP)

Kontak Kami