Konten Berita

...

Cek Harga dan Ketersediaan Obat melalui Farmaplus 2.0

Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan (Ditjen Falmalkes) telah menjalankan berbagai upaya penting dan berhasil mencapai prestasi di sepanjang tahun 2023 melalui komitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mendorong kemandirian sektor kefarmasian dan alkes di tanah air.

Semua upaya dan prestasi yang diraih Ditjen Falmalkes adalah untuk mendukung pencapaian Transformasi Kesehatan dan meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia, terutama melalui penyediaan akses yang lebih baik terhadap obat-obatan dan alat kesehatan. Selain itu juga untuk memastikan ketahanan kefarmasian dan alat kesehatan untuk sistem kesehatan yang lebih kuat dan responsive terhadap tantangan kesehatan di masa depan.

Upaya yang telah dilakukan Ditjen Farmalkes pada tahun 2023 salah satunya bekerja sama dengan Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes untuk membuat inovasi terbaru melalui fasilitasi akses masyarakat terhadap obat kanker, jantung, stroke dan uronefrologi secara digital. Inovasi berbentuk website Farmaplus 2.0 yang menjadi gerbang satu pintu bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi ketersediaan dan harga obat di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan dan apotek di Indonesia. Website Farmaplus 2.0 ini juga telah terintegrasi dengan SATUSEHAT.

Informasi obat pada website Farmaplus 2.0 dilengkapi dengan nama obat, deskripsi, indikasi umum, komposisi, peringatan, efek samping obat, harga, dan informasi fasilitas pelayanan kesehatan yang menyediakan obat, termasuk alamat, website, dan nomor kontaknya. Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi, kontak fasilitas pelayanan kesehatan yang tercantum pada Farmaplus 2.0 juga telah terhubung dengan layanan perpesanan WhatsApp. Dengan demikian masyarakat dapat bertanya secara langsung kepada fasilitas pelayanan kesehatan dan apotek terkait. (MD-SDK)

Kontak Kami