Konten Berita

...

Bimbingan Teknis Mutu Fasyankes di Kabupaten Karimun

Provinsi Kepulauan Riau memiliki 18 Laboratorium medis yang tersebar di 3 kabupaten kota, yaitu Kota Batam sebanyak 11 laboratorium, Kota Tanjungpinang sebanyak 6 Laboratorium, dan Kabupaten Karimun memiliki 1 Laboratorium. Sampai bulan Juli 2024 baru 2 laboratorium saja yang sudah terakreditasi.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau perlu melakukan bimbingan teknis dalam rangka pembinaan dan pengawasan melalui supervisi, pemberian konsultasi dan bimbingan teknis, pemantauan serta evaluasi, dari pusat dan Dinas Kesehatan provinsi/Kabupaten/kota, serta mendorong laboratorium untuk melaksanakan akreditasi.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Susilo Budi Hartanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa Persiapan akreditasi harus dipahami bersama, Laboratorium kesehatan harus memenuhi standar akreditasi dalam rangka survei akreditasi dan akreditasi kembali.

Dalam tahap persiapan akreditasi, Laboratorium dapat mempersiapkan pengisian penilaian mandiri (self assessment), penyusunan program peningkatan mutu, penetapan dan pengukuran indikator mutu dan pelaporan insiden keselamatan pasien. (DS-Yankes)

Kontak Kami