• Penyerahan ALKES dari Yayasan BUMN kepada Pemprov Kepri dan Budi Kemuliaan

    Penyerahan Alat Kesehatan dari Yayasan BUMN kepada Pemprov Kepri dan Budi Kemuliaan

  • Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)

    Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)

  • Orientasi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan Stunting

    Orientasi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan Stunting

  • Penandatanganan MoU antara Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Bersama TP PKK Provinsi Kepri Dalam Upaya Mendukung Program-Program Kesehatan

    Penandatanganan MoU antara Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Bersama TP PKK Provinsi Kepri Dalam Upaya Mendukung Program-Program Kesehatan

  • Pemprov Kepri bersama Mendagri Launching vaksinasi Dosis III di Kepri

    Pemprov Kepri bersama Mendagri Launching vaksinasi Dosis III di Kepri

  • Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Tenaga Kesehatan dan SDM Penunjang Kesehatan Teladan

    Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Tenaga Kesehatan dan SDM Penunjang Kesehatan Teladan

  • Orientasi Pembinaan Posyandu Dalam Percepatan Penurunan Stunting

    Orientasi Pembinaan Posyandu Dalam Percepatan Penurunan Stunting

  • Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Aula Asrama Haji, Tanjungpinang

    Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Aula Asrama Haji, Tanjungpinang

  • Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat RT/RW dalam Pencegahan COVID-19

    Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat RT/RW dalam Pencegahan COVID-19

  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Tajur biru, Temiang Pesisir Kab. Lingga.

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Tajur biru, Temiang Pesisir Kab. Lingga.

  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

  • Dialog Interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

    Dialog interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

  • Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

    Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

  • Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

    Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

  • Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Dinkes Kepri Lakukan Pembinaan Kebugaran Jasmani Bagi Anak Usia Sekolah

Jasmani 1

Gambar : Pengukuran kebugaran jasmani Anak Sekolah di MTs USB Filial MTs Negeri 1 Kota Batam

Sumber daya manusia Indonesia yang produktif secara sosial dan ekonomi merupakan modal pembangunan bangsa. Upaya mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang produktif dan berdaya saing dipengaruhi oleh beberapa aspek diantaranya status atau kondisi kesehatan. Peningkatan status kesehatan dilakukan dengan berbagai upaya, salah satunya adalah kesehatan olahraga yang bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan derajat kesehatan namun juga kebugaran jasmani masyarakat melalui kegiatan aktivitas fisik, latihan fisik, dan olahraga.

 

Kebugaran jasmani merupakan indikator fungsi organ yang optimal, terutama fungsi jantung, paru-paru, dan otot rangka yang dapat menggambarkan kualitas hidup sehari-hari. Tingkat kebugaran yang rendah menjadi salah satu faktor risiko seseorang untuk mengalami penyakit akibat kurang gerak dan dapat berdampak pada penurunan produktivitas maupun prestasi. Kebugaran jasmani mempunyai arti penting bagi anak usia sekolah, antara lain dapat meningkatkan fungsi organ tubuh, sosial emosional, sportivitas dan semangat kompetisi, serta mendukung prestasi belajar. Anak yang kurang melakukan aktivitas fisik dapat menjadi gemuk dan obesitas yang merupakan faktor risiko penyakit tidak menular. Kegemukan dan obesitas pada anak yang kurang melakukan aktivitas fisik akan berlanjut hingga usia dewasa. Peningkatan aktivitas fisik serta melakukan latihan fisik dan olahraga yang baik, benar, terukur, dan teratur di sekolah dapat menurunkan angka kesakitan dan mendukung pendidikan karakter peserta didik.

Program kebugaran jasmani bagi anak usia sekolah diselenggarakan melalui kegiatan Upaya Kesehatan Sekolah (UKS) dengan melakukan pembinaan kesehatan olahraga di sekolah. Kegiatan dilakukan oleh Petugas Puskesmas dengan membekali pengurus sekolah, guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (penjasorkes) serta peserta didik. Berdasarkan pertimbangan hal-hal tersebut diatas, Kementerian Kesehatan melalui tingkat Provinsi merasa sangat penting untuk memberikan pengetahuan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, puskesmas, guru dan peserta didik/santri, serta lintas sektor terkait tentang pembinaan kebugaran jasmani anak sekolah melalui kegiatan Pembinaan Kebugaran Jasmani Anak Sekolah, diharapkan pengetahuan terkait pembinaan kebugaran jasamani dapat tersosialisasi dan dapat di implementasikan di lingkungan sekolah/pesantren.

Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau telah melaksanakan kebugaran jasmani bagi anak usia sekolah di 3 (tiga) Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga dan Kota Batam. Di Kabupaten Karimun telah terlaksana di SMPIT Darul Mukmin dengan 20 peserta siswa SMP DAN 15 guru SMP, Dengan hasil siswa kategori “baik” sebanyak 3 orang, “cukup” sebanyak 3 orang, dan “kurang” sebanyak 13 orang. Dan hasil guru “baik” sebanyak 1 orang, “cukup” sebanyak 5 orang, dan “kurang” sebnayak 9 orang.

Kemudian Tim Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan pembinaan pengukuran kebugaran jasmani Anak Sekolah di SMP N 2 Dabo Singkep yang didampingi oleh Tim Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, Pengelola Program Kesjaor Puskesmas Dabo Lama. Kegiatan ini di hadiri oleh 15 Peserta yang terdiri dari Pembina UKS dan Guru PJOK, di ikuti oleh 22 peserta yang terdiri dari siswa/siswi kelas VII dan VIII SMP N 2 Dabo Singkep. Peserta pengukuran kebugaran terdiri dari siswa putera yang berjumlah 14 orang dengan hasil pengukuran kategori ”baik sekali” sebanyak 1 siswa, kategori ”baik” sebanyak 5 orang, kategori ”cukup’ sebanyak 1 orang, kategori ’kurang’ sebanyak 3 orang dan kategori ”kurang sekali” sebanyak 4 orang. Sedangkan siswi puteri berjumlah 8 orang dengan hasil pengukuran kategori ”kurang sekali” sebanyak 7 orang dan 1 orang gagal.

  Pembinaan pengukuran kebugaran jasmani Anak Sekolah di Kota Batam bertempat di Kota Batam MTs USB Filial MTs Negeri 1 Batam, yang didampingi oleh Tim Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Kota Batam, Pengelola Program Kesjaor Puskesmas Kota Batam. Kegiatan ini di hadiri oleh 35 Peserta yang terdiri dari yang terdiri dari siswa/siswi MTs USB Filial MTs Negeri 1 Batam. Peserta pengukuran kebugaran terdiri dari siswa putera yang berjumlah 1 orang dengan hasil pengukuran hasil pengukuran kategori ”bagus sekali”, kategori ”baik sekali” sebanyak 2 siswa.  kategori ”baik” sebanyak 2 orang, kategori ”cukup’ sebanyak 2 orang, kategori ’kurang’ sebanyak 10 orang dan kategori ”kurang sekali” sebanyak 15 orang. Sedangkan siswi dengan hasil pengukuran kategori ”cukup” sebanyak 1 orang dan 3 orang gagal.

Tujuan dari pengukur kebugaran Jasmani Kesehatan Anak usia sekolah dan remaja, upaya untuk meningkatkan kesehatan Anak usia sekolah dan remaja, kebugaran jasmani pada masa pandemi. Selain itu pengukur kebugaran Jasmani dapat juga dilakukan  secara mandiri. Untuk pemeriksaan Kebugaran Jasmani secara mandiri yaitu dengan Aplikasi Sipgar yang mana telah disosialisasikan juga pada saat diskusi dan advokasi bersama Kepala Sekolah, Pembina UKS dan Guru PJOK, sehingga diharapkan pelaksanaan Pengukuran Kebugran dapat dilakukan secara mandiri di lokasi masing-masing dan hasilnya dapat dilaporkan ke Puskesmas atau Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Hasil pelaksanan Pengukuran Kebugaran Anak Sekolah yang dilakukan di Kabupaten/Kota dapat dilaporkan melalui Aplikasi Sistem Informasi Terpadu Kesehatan Kerja dan Olahraga (SITKO). - MH

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech