• Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Aula Asrama Haji, Tanjungpinang

    Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Aula Asrama Haji, Tanjungpinang

  • Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat RT/RW dalam Pencegahan COVID-19

    Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat RT/RW dalam Pencegahan COVID-19

  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Tajur biru, Temiang Pesisir Kab. Lingga.

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Tajur biru, Temiang Pesisir Kab. Lingga.

  • Selamat dan Sukses atas pelantikan Bapak Ansar Ahmad dan Ibu Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Periode 2021-2024.
  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

  • Dialog Interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

    Dialog interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

  • Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

    Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

  • Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

    Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

  • Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

  • Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang

    Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang, Kota Batam

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Mobilitas Yang Semakin Tinggi Menjadi Salah Satu Penyebab Tingginya Angka Penularan COVID-19

Mobilitas Masyarakat yang semakin Tinggi Menjadi Salah Satu Penyebab Tingginya Angka Penularan Covid 19

Gambar : Menteri Kesehatan RI

Pandemi ini sungguh sudah sangat melelahkan. Semakin hari semakin berlarut-larut dengan korban yang makin bertambah. Kita harus pertegas diri, bukan orang lain, untuk tidak lelah berjuang dengan selalu memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan vaksinasi. Mobilitas berasal dari kata latin yaitu mobilis yang artinya mudah dipindahkan, mobilitas sosial atau gerak sosial didefinisihkan perpindahan orang atau kelompok dari strata sosial satu ke strata sosial lainnya. Gerak sosial adalah perpindahan status sosial sekelompok orang atau individu ke status yang lain baik secara vertikal maupun horizontal. Hal ini dilakukan pada suatu sistem sosial yang memiliki sistem stratifikasi sosial terbuka. Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia Pandu Riono menuturkan bahwa mobilitas atau perpindahan penduduk menjadi faktor penyebab menyebarnya virus Corona (COVID-19).

Saat ini, pemerintah mencatat terjadi lonjakan kasus COVID-19 di sejumlah daerah di Indonesia. Hal ini turut berpengaruh terhadap tingkat keterisian tempat tidur (BOR) baik ruang isolasi maupun rawat inap. Kenaikan ini salah satunya disebabkan oleh mobilitas masyarakat yang tinggi. Terlihat ada kecenderungan perubahan wilayah yang tadinya berisiko rendah menjadi risiko sedang dan tinggi. Maka dengan ini sesuai dengan surat edaran Gubernur Kepulauan Riau Nomor 460 / SET-STC19 / V/ 2021 tentang peniadaan perjalanan orang selama bulan ramadhan dan hari raya idul fitri 1442 Hijriah/ tahun 2021 dalam rangka pencegahan dan penghentian penyebaran virus covid-19 di provinsi kepulauan riau. Dimana surat edaran ini berisikan point-point tentang bagaimana peraturan perjalanan baik menggunakan akomodasi laut, darat dan udara. Tentunya kita semua tidak berharap apa yang terjadi di India sekarang ini, turut berdampak terhadap Indonesia.

 Mari kita tingkatkan kewaspadaan ancaman Covid-19 dengan tetap menatuhi protokol kesehatan 3M serta kurangi mobilitas diluar rumah. Mudik menjadi salah satu tradisi yang biasa dilakukan umumnya pada masa libur panjang, seperti menjelang Hari Raya Idul Fitri. Namun, kondisi pandemi membuat kita harus memilih  Tidak Mudik karena pengalaman telah menunjukkan bahwa mobilitas tinggi pada libur panjang menimbulkan lonjakan kasus baru Covid-19 dan peningkatan angka kematian. Mari bersama kita saling menjaga kesehatan diri dan keluarga di kampung halaman dengan tidak mudik. Hindari risiko tertular dan menularkan Covid-19. Rayakan Idul Fitri dengan keluarga di rumah, saling bersilaturahmi melalui komunikasi telpon, sms, chat, dan/atau video call.

Lindungi diri dan orang sekitar dengan tidak mudik tahun ini, pemerintah menyadari bahwa masyarakat ingin sekali merayakan lebaran di kampung halaman. Namun, untuk kebaikan dan keselamatan kita bersama, yuk kita tunda mudik agar keluarga di rumah aman dan sehat. (MH)

Video Promosi Kesehatan

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg
  • WhatsApp_Image_2020-11-11_at_20.03.23.jpeg
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech