• Vaksin COVID-19 Telah Dimulai Untuk Masyarakat Usia 18 Tahun Keatas
  • Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Aula Asrama Haji, Tanjungpinang

    Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Aula Asrama Haji, Tanjungpinang

  • Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat RT/RW dalam Pencegahan COVID-19

    Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat RT/RW dalam Pencegahan COVID-19

  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Tajur biru, Temiang Pesisir Kab. Lingga.

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Tajur biru, Temiang Pesisir Kab. Lingga.

  • Selamat dan Sukses atas pelantikan Bapak Ansar Ahmad dan Ibu Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Periode 2021-2024.
  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

  • Dialog Interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

    Dialog interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

  • Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

    Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

  • Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

    Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

  • Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

  • Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang

    Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang, Kota Batam

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Tetap Sehat Selama Berpuasa di Tengah Pandemi COVID-19

Tips menjaga Kesehatan

Gambar : Tips Menjaga Kesehatan Selama Bulan Ramadhan

Pada Bulan Ramadan tahun ini, Umat Islam masih harus menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19. Kekhawatiran terpapar Covid-19 dapat terjadi, karena saat berpuasa masyarakat kekurangan pasokan energi dalam tubuh yang dapat membuat seseorang rentan tertular Covid-19. Yuk, selalu jaga kesehatan di Bulan Ramadan agar ibadah dan aktivitas tetap aman dan nyaman serta terhindar dari paparan Covid-19 dengan beberapa tips sehat berikut. Mari kita simak bersama :

  • Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

cairan sangat penting untuk setiap fungsi tubuh. Cairan membantu mengangkut nutrisi ke sel-sel tubuh, membersihkan bakteri dan racun dari kandung kemih, mempertahankan fungsi ginjal yang tepat, dan mencegah sembelit. Pada saat berpuasa, salah satu tantangan yang mungkin sering dialami adalah masalah dehidrasi. Pada saat berpuasa, kita memang tidak diperbolehkan untuk minum selama sekitar 12 jam. Hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi pada tubuh. Minumlah air putih 8 gelas perhari pada saat buka hingga sahur

  • Kosumsi Makanan Bergizi Seimbang

Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan (BB) ideal. Untuk memperoleh gizi seimbang, diperlukan konsumsi dari berbagai kelompok makanan yang berbeda. Makanan tersebut idealnya terdiri beragam jenis nutrisi, termasuk protein, karbohidrat, lemak, serat, mineral, dan vitamin. Pastikan mengkomsumsi makanan bergizi seimbang atau yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat ketika buka maupun sahur.

  • Ingat Selalu Untuk Sahur

Jangan melewatkan sahur, karena tubuh membutuhkan energi dari makanan sahur. Ibadah puasa mewajibkan untuk tidak makan dan minuman selama terbit hingga tenggelam matahari, maka tubuh memerlukan asupan makanan bergizi sebagai sumber energi. Bangun sahur dengan mengonsumsi makanan yang berisi karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serat dan lain-lain adalah hal yang disarankan. Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi cukup air agar tidak dehidrasi. Jika diperlukan, saat bangun sahur kamu bisa mengonsumsi suplemen untuk memelihara kesehatan selama puasa. Selain itu Menurut berbagai sumber, manfaat bangun sahur selanjutnya adalah mampu menjaga sistem imun tubuh. Konsumsi makanan kaya gizi saat sahur membuat kamu tidak mudah terserang penyakit dan tubuh secara otomatis menjadi lebih baik.

  • Hindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak menjadi godaan saat sahur, seperti ayam goreng atau kentang goreng.Namun, makanan tersebut justru mengandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan masalah pada lambung kamu. Kebanyakan mengonsumsi makanan berlemak bisa membuat perut begah lho. Asupan jenis ini juga sebaiknya dihindari pengidap maag.  Selain itu Makan dengan kadar gula dan lemak tinggi akan mudah diserap tubuh, sehingga rasa lapar lebih mudah terasa.

  • Tetap Melakukan Aktivitas Seperti Biasanya

Kesehatan tubuh adalah hal terpenting, Tetaplah  melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari, agar tubuh sehat, bugar dan produktif seperti berolahraga.  Sebelum berolahraga, utamanya saat berpuasa, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan tidak boleh dilewatkan. Kita perlu menjaga pola makan secara teratur saat melakukan sahur dan buka puasa, cukupi kebutuhan minum selama sahur dan usahakan sahur di waktu mendekati imsak, dan tidak menunda waktu berbuka. Lakukan olahraga di pagi hari, beberapa jam setelah sahur dan shalat subuh, atau di sore hari menjelang berbuka puasa. Jaga pula pola tidur kita untuk mencukupi waktu istirahat, dan tetap lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum melakukan olahraga. Olahraga memungkinkan tubuh untuk tetap prima dalam berbagai kondisi. Utamanya saat berpuasa, olahraga ringan tetap perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa melakukan beberapa gerakan olahraga ringan setelah sahur dan/atau sebelum berbuka puasa, mampu menyeimbangkan dan menjaga kebugaran tubuh meski sedang berpuasa. (MH)

Video Promosi Kesehatan

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg
  • Vaksin_Masyarakat.jpeg
  • WhatsApp_Image_2020-11-11_at_20.03.23.jpeg
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech