• Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Aula Asrama Haji, Tanjungpinang

    Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Aula Asrama Haji, Tanjungpinang

  • Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat RT/RW dalam Pencegahan COVID-19

    Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat RT/RW dalam Pencegahan COVID-19

  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Tajur biru, Temiang Pesisir Kab. Lingga.

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Tajur biru, Temiang Pesisir Kab. Lingga.

  • Selamat dan Sukses atas pelantikan Bapak Ansar Ahmad dan Ibu Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Periode 2021-2024.
  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

  • Dialog Interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

    Dialog interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

  • Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

    Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

  • Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

    Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

  • Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

  • Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang

    Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang, Kota Batam

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Hari Aktivitas Fisik Sedunia dan Beberapa Manfaat Aktivitas Fisik

aktvitas

Gambar : Hari Aktivitas Fisik Sedunia (6 April 2021)

Tahukah kamu kalau setiap 6 April diperingati sebagai Hari Aktivitas Fisik Sedunia? Ini menunjukkan pentingnya aktivitas fisik untuk kesehatan kita. Aktivitas fisik adalah kegiatan dalam durasi waktu tertentu yang membutuhkan energi dan pergerakan otot-otot kerangka. Jangan keliru dengan olahraga yang berarti gerakan badan yang bersifat terstruktur dengan tujuan yang spesifik, biasanya untuk melatih anggota tubuh tertentu. Namun, aktivitas fisik memang cakupannya sangat luas. Mulai dari kegiatan sehari-hari seperti jalan kaki dan menjemur pakaian hingga olahraga seperti latihan kebugaran, berenang, atau bermain Futsal.

 

Aktivitas Fisik atau olahraga dapat mengurangi risiko penyakit berbahaya lho. Sayangnya makin banyak saja penduduk Indonesia yang kurang aktifitas fisik alias malas gerak. Salah satu penyebab utama dari penyakit tidak menular adalah kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan. PTM yang masih menjadi hantu di Indonesia antara lain seperti diabetes melitus, hipertensi, penyakit jantung koroner, gagal ginjal, dan juga stroke. Padahal penyakit tersebut sebenarnya bisa dikurangi resikonya dengan banyak melakukan aktivitas fisik dalam kehidupan harian Anda.

Beberapa Manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan tubuh antara lain :

  • Menurunkan risiko penyakit berbahaya

Apabila tubuh yang kurang gerak dapat menyebabkan menumpuknya kalori dan timbunan lemak dalam tubuh. Hal inilah yang dapat meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya dan berakibat pada kematian. seperti penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, hingga stroke.  Aktivitas fisik dapat membantu meraih berat badan ideal sehingga menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya di kemudian hari. Tentunya hal ini harus dibarengi dengan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.   

  • Meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh.

Aktifitas fisik seperti olahraga teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Sel-sel kekebalan tubuh bekerja secara efektif dan meningkatkan aliran darah, dan peradangan, serta  memperkuat antibodi.

  • Mengurangi Kecemasan dan mengendalikan stress

Aktivitas fisik dapat memicu berbagai senyawa kimia otak yang dapat menurunkan perasaan gelisah. Serta dapat menimbulkan perasaan  lebih bahagia dan rileks dengan melakukan beragam aktivitas fisik

  • Memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis 

Penelitian tentang hubungan osteoporosis dan aktivitas fisik khusus latihan ketahanan, menunjukkan peningkatan kepadatan mineral tulang. Hal itulah yang dapat mengurangi risiko osteoporosis, terutama pada pria atau wanita paruh baya dan usia lanjut.

Mari lakukan aktivitas fisik secara rutin minimal 30 menit setiap hari untuk meningkatkan imunitas, agar tubuh tetap sehat dan bugar. Dan jangan lupa untuk tetap selalu patuhi protokol kesehatan ya! (AD)

Video Promosi Kesehatan

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg
  • Vaksin_Masyarakat.jpeg
  • WhatsApp_Image_2020-11-11_at_20.03.23.jpeg
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech