CERAMAH (Cek Tekanan Darah di Rumah)

Cetak

025942300 1604909028 Seseorang Periksa Tekanan Darah shutterstock 560263513

Gambar : Cek Tekanan Darah di Rumah (Shutterstock)

Menurut Badan Kesehatan Dunia ( WHO) Hampir semua orang dapat mengalami tekanan darah tinggi. Saat ini angkanya terus meningkat secara global. Bahkan, peningkatan orang-orang dewasa di seluruh dunia yang akan mengidap hipertensi diprediksi melonjak hingga 29 persen pada tahun 2025.

 

Pasalnya, semakin bertambah usia, tekanan darahnya pun akan semakin meningkat. Hal ini terjadi karena pembuluh darah yang kita memiliki cenderung menebal dan menegang seiring dengan pertambahan waktu. Selain itu Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) milik Kementerian Kesehatan RI tahun 2018 juga menunjukkan bahwa 34,1 persen penduduk Indonesia memiliki tekanan darah tinggi. Sementara pada 2013, jumlahnya masih mencapai 25,8 persen. Oleh karena itu, penting untuk melakukan deteksi dini dengan rutin mengukur tekanan darah.

Banyak orang mungkin merasa dirinya tidak mampu melakukan pengukuran tekanan darah. Namun saat ini hal tersebut seharusnya bukan masalah karena di pasaran sudah tersedia banyak alat pengukur tekanan darah yang mudah digunakan. Setiap orang dewasa disarankan untuk rutin mengecek tekanan darah secara berkala. Pengukuran tekanan darah di rumah membantu penegakan diagnosis hipertensi dan evaluasi keberhasilan pengobatan serta lebih efisien.

Saat memeriksa tekanan darah di rumah, ada beberapa hal yang penting untuk diingat:

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech