• Hari Kesehatan Nasional ke 58
  • Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

    Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

  • Orientasi Tatalaksana TBC Di FKTP Dan FKRTL Provinsi Kepulauan Riau Batam, 12 – 14 Februari 2020

    Orientasi Tatalaksana TBC Di FKTP Dan FKRTL Provinsi Kepulauan Riau Batam, 12 – 14 Februari 2020

  • Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang

    Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang, Kota Batam

  • bannerbig2

    Tim Data Provinsi Kepri dan 5 Kab/Kota Terpilih mengikuti Sosialisasi Integrasi Sistem Informasi menuju Satu Data Kesehatan (Pusdatin Kemenkes RI) - Jakarta

  • bannerbig5

    Cek Kesehatan Berkala Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Ketahui Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh

Sarapan

Foto : Ketahui Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh

Sarapan pagi masih dianggap sepele dan remeh. Padahal, kegiatan makan pada pagi hari itu penting. Sarapan pagi merupakan salah satu bagian pokok untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Namun kadangkala Kesibukan sering menjadi alasan utama orang untuk tidak memulai hari dengan sarapan

 Orang dewasa yang secara teratur sarapan sehat setiap pagi, lebih mungkin mengonsumsi cukup vitamin dan mineral, mengontrol berat badan, dan hanya sedikit makan lemak dan kolesterol. Sedangkan sarapan sehat yang dilakukan secara rutin oleh anak-anak bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka, menjaga berat badan yang sehat, berkonsentrasi lebih baik, serta membuat anak jarang absen di sekolah.

Apa saja manfaat rutin sarapan?

Sarapan bukan cuma berfungsi sebagai penghilang rasa lapar. Ketika bangun tidur, sistem cerna Anda kosong dan harus diisi supaya Anda dapat mengerjakan berbagai aktivitas. Suplai energi yang optimal dan menyehatkan bagai bahan bakar yang akan membuat organ tubuh Anda bekerja dengan baik. Tanpa stamina yang prima, Anda akan sulit berkonsentrasi hingga pingsan. Menghindari sarapan hanya akan membuat Anda lebih memilih camilan dengan kadar gula tinggi yang berbahaya. Pasalnya jenis makanan ini berpotensi menaikkan berat badan hingga membuat tekanan darah Anda kacau.

Bagaimana cara menentukan sarapan sehat?

Jenis makanan yang Anda konsumsi untuk sarapan mempengaruhi kondisi tubuh selama beberapa jam ke depan. Sumber karbohidrat kompleks seperti gandum dan nasi merah sangat direkomendasikan karena membuat Anda kenyang dalam waktu lama tanpa harus meningkatkan glukosa tubuh. Selain itu, kombinasikan juga dengan sayur dan buah untuk menyegarkan tubuh. Sementara untuk minuman, air putih, jus buah, dan susu bisa masuk ke dalam daftar menu sarapan Anda. Selain itu Protein tak boleh luput dari menu sarapan anda dan telur adalah opsi yang bisa dipilih selain daging ayam atau daging sapi.

Studi yang dilaksanakan di Pennington Biomedical Research Center telah membandingkan penurunan berat badan perempuan yang memakan dua butir telur dengan bagel untuk santap pagi. Dua jenis sumber protein tersebut tercatat mempunyai volume dan kalori yang sama. Hasilnya? Perempuan yang rutin menyantap telur untuk sarapan selama lima kali seminggu dalam delapan minggu atau dua bulan akan mengalami pengurangan bobot tubuh sampai 65%. Bukan hanya itu, lingkar pinggang Anda akan menyusut sampai 83%. Di sisi lain, Anda akan memiliki suplai energi lebih tinggi.

 

-AD

Video Promosi Kesehatan

Buku Saku Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg
  • WhatsApp_Image_2020-11-11_at_20.03.23.jpeg

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech