• Hari Kesehatan Nasional ke 58
  • Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

    Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

  • Orientasi Tatalaksana TBC Di FKTP Dan FKRTL Provinsi Kepulauan Riau Batam, 12 – 14 Februari 2020

    Orientasi Tatalaksana TBC Di FKTP Dan FKRTL Provinsi Kepulauan Riau Batam, 12 – 14 Februari 2020

  • Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang

    Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang, Kota Batam

  • bannerbig2

    Tim Data Provinsi Kepri dan 5 Kab/Kota Terpilih mengikuti Sosialisasi Integrasi Sistem Informasi menuju Satu Data Kesehatan (Pusdatin Kemenkes RI) - Jakarta

  • bannerbig5

    Cek Kesehatan Berkala Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Agustus Bulan Vitamin A, Sudahkah Anak Anda Mendapatkannya?

Vitamin A

Gambar : Pemberian Vitamin A 

Memasuki pekan ke-3 di bulan Agustus, sudahkah anak ibu (yang sudah berusia 6-59 bulan) atau ibu yang baru saja melahirkan mendapatkan vitamin A? Jika sudah, Syukurlah. Jika belum, coba kunjungi pelayanan kesehatan terdekat. Selain sebagai bulan di mana hari kemerdekaan Indonesia dirayakan, bulan Agustus juga merupakan bulan pemberian vitamin A yang ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan.

 

Bukan hanya Agustus, pada bulan sebelumnya, tepatnya di bulan Februari pemberian vitamin A juga sudah dilakukan. Hal ini Dilatarbelakangi dari kejadian kekurangan vitamin A yang menjadi salah satu penyumbang kematian dan kesakitan pada anak di bawah lima tahun, intervensi pemberian vitamin A ini diharapkan mampu mengurangi angka kesakitan dan kematian tersebut. Pemberian vitamin A juga dilakukan karena dinilai efektif dan juga dapat menekan biaya (hemat).

Pemerintah Indonesia juga memiliki program pemberian vitamin A yaitu berupa kapsul. Vitamin ini diberikan di Puskesmas maupun Posyandu setiap bulan Februari dan Agustus. Adapun sasaran dalam pemberian Vitamin A dosis tinggi ini yaitu :

  • Bayi usia 6-11 bulan, dengan dosis 100.000 SI (kapsul biru), diberikan satu kali, yaitu pada bulan Februari.
  • Bayi berusia 12-59 bulan, dengan dosis 200.000 SI (kapsul merah), diberikan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari dan Agustus.
  • Ibu yang sedang masa nifas usia 0-42 minggu, dengan dosis 200.000 SI (kapsul merah). Jadwal pemberiannya adalah dua kali, yaitu pada bulan Februari dan Agustus.

Salah satu manfaat vitamin A yang paling terkenal yakni berkat kemampuannya untuk menjaga fungsi penglihatan. Vitamin A disini memiliki tugas penting untuk mengubah cahaya yang ditangkap oleh mata menjadi impuls listrik untuk dihantarkan langsung ke otak. Jika tubuh kekurangan vitamin A, kemungkinan mata akan mengalami rabun senja sebagai bentuk gejala awal. Ini terjadi karena retina mata, yang seharusnya menangkap cahaya datang, kekurangan bahan penyusunnya berupa rhodopsin. Vitamin A adalah komponen utama penghasil pigmen rhodopsin.

Menurut Annual Review of Nutrition Journal vitamin A ternyata punya peran penting dalam menjaga pertahanan alami tubuh. Meliputi mengoptimalkan fungsi paru, usus, serta organ tubuh lainnya dari serangan bakteri penyebab infeksi. Vitamin A juga terlibat langsung dalam produksi dan kerja sel darah putih, guna membantu menyerang patogen asing yang masuk ke dalam tubuh. Artinya, tubuh yang kekurangan vitamin A akan sangat rentan terhadap serangan infeksi dan sulit kembali pulih saat sedang sakit, dilansir dari

Perlu diketahui bahwa pemberian kapsul vitamin A ini gratis tanpa dipungut biaya apapun. Anak-anak atau anda yang sedang masa nifas dapat memperoleh kapsul vitamin A di posyandu, Puskesmas dan Pelayanan Kesehatan terdekat. Jadi, pastikan anda anda sudah memperoleh Vitamin A di Bulan Agustus ya!?

Video Promosi Kesehatan

Buku Saku Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg
  • WhatsApp_Image_2020-11-11_at_20.03.23.jpeg

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech