• Launching Gerakan Sayang Ibu dan Anak (Gesa Buana) dan Posyandu Holistik Terintegrasi Layanan Primer di Posyandu Seliara Wilayah Kerja Puskesmas Batu 10, Kota Tanjungpinang.

    Launching Gerakan Sayang Ibu dan Anak (Gesa Buana) dan Posyandu Holistik Terintegrasi Layanan Primer di Posyandu Seliara Wilayah Kerja Puskesmas Batu 10, Kota Tanjungpinang.

  • Penyerahan Penghargaan Kepada UPTD Instalasi Farmasi Provinsi Kepulauan Riau

    Penyerahan Penghargaan Kepada UPTD Instalasi Farmasi Provinsi Kepulauan Riau

  • Lawan Obesitas, Dinkes Kepri Selenggarakan Pemeriksaan Fisik Pada Pegawai Pemprov Kepri

    Lawan Obesitas, Dinkes Kepri Selenggarakan Pemeriksaan Fisik Pada Pegawai Pemprov Kepri

  • Penyerahan Penghargaan dari KPPN Tanjung Pinang Tahun 2024 atas Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik III

    Penyerahan Penghargaan dari KPPN Tanjung Pinang Tahun 2024 atas Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik III

    Aula Gedung Kanwil DJPB Prov. Kepri, 24 Januari 2024

  • Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024

    Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024

    Aula Wan Seri Beni. Selasa, 02 Januari 2023

  • Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

  • Gubernur Kepri bersama Bupati Kabupaten Karimun Melakukan Audiensi Bersama Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Senin (9/10)

    Gubernur Kepri bersama Bupati Kabupaten Karimun Melakukan Audiensi Bersama Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Senin (9/10)

  • Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) Bagi Tenaga Kesehatan dalam Percepatan Pencegahan Stunting Angkatan I dan Angkatan II Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) Bagi Tenaga Kesehatan dalam Percepatan Pencegahan Stunting Angkatan I dan Angkatan II Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Bapelkes Batam, 11 - 17 September 2023

  • Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Tanjungpinang, 11 - 13 September 2023

  • Gubernur Ansar Sosialisasikan Pentingnya Cegah Anemia Bagi Remaja Putri

    Gubernur Ansar Sosialisasikan Pentingnya Cegah Anemia Bagi Remaja Putri saat berkunjung ke SMAN 1 Tanjungpinang.

  • Workshop Penguatan Peran, Tugas dan Fungsi Kader Posyandu di Kabupaten Bintan

    Workshop Penguatan Peran, Tugas dan Fungsi Kader Posyandu di Kabupaten Bintan.

    Bintan Pearl Beach Resort, Selasa, 25 Juli 2023.

  • Jambore Kader Posyandu Tingkat Kota Tanjungpinang

    Jambore Kader Posyandu Tingkat Kota Tanjungpinang

    Terminal Sei.Carang, Tanjungpinang

  • Koordinasi dan Evaluasi Bidang P2P Dalam Rangka Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respons Penyakit Tingkat Provinsi Semester I Tahun 2023

    Koordinasi dan Evaluasi Bidang P2P Dalam Rangka Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respons Penyakit Tingkat Provinsi Semester I Tahun 2023

    Tanjungpinang, 20-22 Juli 2023

  • Workshop Manajemen Program Infeksi Laten Tuberkulosis (LTB) Dan Terapi Pencegahan Tuberkulosis Tingkat Provinsi Kepulauan Riau  Batam, 03-07 Juli Tahun 2023

    Workshop Manajemen Program Infeksi Laten Tuberkulosis (LTB) Dan Terapi Pencegahan Tuberkulosis Tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

    Batam, 03-07 Juli 2023

  • Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Posyandu Holistik dan Terintegrasi Dalam Penanganan Stunting

    Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Posyandu Holistik dan Terintegrasi Dalam Penanganan Stunting

  • Peletakan batu pertama (Ground Breaking) Pembangunan Gedung Rawat Inap Jiwa dan Perkantoran Rumah Sakit Khusus Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSKJKO) Engku Haji Daud (EHD) Provinsi Kepulauan Riau di Tanjung Uban, Bintan.

    Peletakan batu pertama (Ground Breaking) Pembangunan Gedung Rawat Inap Jiwa dan Perkantoran Rumah Sakit Khusus Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSKJKO) Engku Haji Daud (EHD) Provinsi Kepulauan Riau di Tanjung Uban, Bintan.

  • Penghargaan Kepada Provinsi Kepulauan Riau sebagai Provinsi Berkinerja Terbaik Dalam Penanganan COVID-19 di Wilayah Sumatera

    Penghargaan Kepada Provinsi Kepulauan Riau sebagai Provinsi Berkinerja Terbaik Dalam Penanganan COVID-19 di Wilayah Sumatera

Dinkes Kepri Peringati Hari Gizi Nasional ke 60

WhatsApp Image 2020 02 14 at 09.28.52 1

Gambar : Bincang Santuy bersama Narasumber dari Persagi, PKPR, dan Forum Anak

Kegiatan Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) yang ke-60 pada hari kamis tanggal 13 februari 2020 yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepualaun Riau Dr. H. T.S. Arif Fadillah, S.Sos, M.Si dengan mengusung tema “GIZI Optimal untuk Generasi MILENIAL”. Yang dimana peserta berasal dari beberapa SMP Negeri dan Sekolah Swasta yang ada di tanjungpinang.

 

WhatsApp Image 2020 02 19 at 09.48.39

Gambar : Sekda Provinsi Kepri H.TS. Arif Fadilah saat membuka acara Hari Gizi Nasional 

Hasil Sensus Penduduk tahun 2010, diketahui Indonesia memiliki 45,1 juta jiwa penduduk berusia 10-19 tahun, ini berarti 1 dari 5 penduduk Indonesia adalah remaja. Sejalan dengan salah satu Visi Jokowi untuk Indonesia tahun 2019-2024, yaitu 'Pembangunan Sumber Daya Manusia' yang menjamin kesehatan ibu hamil dan anak usia sekolah, merupakan satu upaya spesifik yang dapat berkontribusi dalam mewujudkan generasi sehat dan bebas stunting.

Indonesia masih memiliki masalah beban gizi ganda pada remaja, dimana 1 dari 4 remaja puteri kita mengalami anemia, sekitar 7.2 juta mengalami kegemukan dan obesitas serta sekitar 3.9 juta remaja kurus. Kondisi tersebut merupakan dampak dari pola konsumsi yang tidak baik. Saat ini remaja lebih menyukai minuman bersoda dan fast food, jarang atau bahkan tidak pernah sarapan dan membawa bekal makan siang ke sekolah, serta tidak suka makan buah dan sayur. Survey terakhir menunjukkan hampir semua remaja kurang mengonsumsi buah dan sayur.

WhatsApp Image 2020 02 14 at 09.28.51

Gambar : Sesi tanya jawab oleh Kabid Kesmas

Pemenuhan gizi optimal pada usia remaja sangat penting. Masalah gizi kurang maupun gizi lebih pada remaja, akan meningkatkan kerentanan terhadap penyakit, khususnya risiko terjadinya penyakit tidak menular di usia lanjut antara lain jantung, diabetes melitus ataupun stroke. Bila masalah gizi yang terjadi di masa remaja berlanjut hingga dewasa dan menikah akan berisiko terhadap kesehatan janin yang dikandungnya. Sebagai contoh ibu anemia dan atau kurang energi kronik (KEK) berisiko melahirkan bayi berat badan lahir rendah (BBLR), pendek (stunting), serta berisiko mengalami komplikasi saat melahirkan. Bayi yang lahir dengan masalah gizi apabila tidak mendapat pola asuh yang tepat akan menjadi anak-anak dan remaja yang tidak sehat, serta pertumbuhan dan perkembangannya terhambat.

Lebih jauh lagi, masalah gizi yang terjadi sejak masa remaja akan mempengaruhi perkembangan otak anak, produktivitas, kinerja dan daya saing di tingkat global, yang dapat berdampak terhadap kemampuan untuk mendapatkan penghidupan yang layak di kemudian hari. Indonesia membutuhkan remaja yang produktif, kreatif, dan kritis demi kemajuan bangsa. Hal ini akan tercapai bila remaja sehat dan berstatus gizi baik. Remaja sehat tidak hanya dilihat dari fisik tetapi juga kognitif, psikologis dan sosial.

Fenomena pertumbuhan pada remaja menuntut pemenuhan kebutuhan gizi agar tercapai potensi pertumbuhan maksimal. Pola hidup sehat dengan gizi seimbang menjadi salah satu upaya perbaikan gizi remaja. Dengan mengonsumsi makanan beragam yang diaplikasikan melalui “isi piringku” sebagai panduan sekali makan, berperilaku hidup sehat, rajin berolah raga, dan memantau berat badan secara rutin, diharapkan masalah gizi pada remaja dapat teratasi.

 

Penulis : SP

Link Terkait

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech