• Pelayanan Kesehatan Bergerak di Tajur biru, Temiang Pesisir Kab. Lingga.

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Tajur biru, Temiang Pesisir Kab. Lingga.

  • Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat RT/RW dalam Pencegahan COVID-19

    Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat RT/RW dalam Pencegahan COVID-19

  • Selamat dan Sukses atas pelantikan Bapak Ansar Ahmad dan Ibu Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Periode 2021-2024.
  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

  • Dialog Interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

    Dialog interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

  • Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

    Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

  • Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

    Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

  • Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

  • Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang

    Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang, Kota Batam

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Pelatihan Teknis Tenaga Kesehatan Akupresur di Puskesmas Tahun 2019

WhatsApp Image 2019 02 28 at 08.18.06

Pembukaan Pelatihan Teknis Nakes Akupresur Puskesmas

Peningkatan yang pesat akan pemanfaatan pengobatan tradisional di masyarakat merupakan langkah strategis dalam pencapaian Visi dan Misi Kesehatan RI. Hal ini sekaligus merupakan tantangan besar bagi pembinaan Kesehatan Tradisional di Indonesia untuk memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dan meminimalisir efek samping dan hal lainnya yang dapat merugikan kesehatan masyarakat.

Praktik Akupresur oleh peserta pelatihan WhatsApp Image 2019 02 28 at 08.22.03

                                                 Prakter Akupresur oleh Peserta Pelatihan Teknis Akupresur

Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksankaan oleh semua komponen bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

Peningkatan upaya kesehatan dilakukan secara komprehensif mencakup upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Rencana strategis (Renstra) Kementerian Kesehatan RI tahun 2015-2019 dibidang pelayanan kesehatan tradisional dan komplementer mengamanatkan bahwa indikator capaian Renstra adalah jumlah Puskesmas yang menyelenggarakan kesehatan tradisional dan jumlah Rumah Sakit Pemerintah yang menyelenggarakan kesehatan tradisional.

Undang-Undang No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan, pada pasal 48 menyatakan bahwa pelayanan kesehatan dilaksanakan dalam berbagai upaya, salah satunya dilakukan melalui upaya Pelayanan Kesehatan Tradisional. Pelayanan kesehatan tradisional merupakan jenis/ metode pelayanana kesehatan yang saat ini sangat diminati oleh masyarakat, tak terkecuali tenaga kesehatan. Salah satu pelayanan kesehatan tradisional yang telah ada antara lain pelayanan akupresure.

Akupresur merupakan salah satu metode pelayanan kesehatan tradisional keterampilan yang dikembangkan oleh pelayanan di puskesmas. Pelayanan akupresur telah dilakukan dengan sasaran petugas puskesmas untuk melakukan pelayanan. Dalam memberikan pelayanan akupresur mengacu pada mekanisme pelayanan dipuskesmas dimana pemeriksaan awal dilakukan oleh dokter dan berdasarkan diagnose konvensional.

Selain untuk pelayanan, akupresur ditujukan juga untuk peningkatan kemampuan dalam pembinaan dan pengawasan obat tradisional di wilayah kerja Puskesmas khususnya akupresur.

Untuk mengembangkan pelayanan akupresur di Puskesmas sangat diperlukan adanya dukungan kebijakan dari Dinas Kesehatan Kab/Kota.

Oleh karena itu pelatihan teknis tenaga kesehatan akupresur di puskesmas sangat dibutuhkan untuk dukungan kebijakan dalam pengembangan pelayanan akupresur dipuskesmas. Yang dilibatkan adalah Kab/kota yang memiliki puskesmas yang tenaganya belum dilatih akupresur. Pelayanan kesehatan akupresur yang dilakukan oleh tenaga kesehatan merupakan salah satu jenis pelayanan kesehatan tradisional yang manfaatnya telah dirasakan oleh masyarakat dalam hal pencegahan penyakit dan peningkatan kesadaran.

Peningkatan kapasitas tenaga kesehatan dalam pelayanan akupresur di Puskesmas dilaksanakan dalam rangka :

  • Meingkatkan & memperluas askes masyarakat terhadap pelayanan kesehatan tradisional yang aman, bermanfaat dan berkualitas.
  • Memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para tenaga kesehatan dalam melaksanakan pelayanan akupresur yang aman, bermanfaat dan berkualitas kepada masyarakat.
  • Mempercepat integrasi pelayanan kesehatan tradisional di Puskesmas dan Rumah Sakit.

Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah Untuk meningkatkan kapasitas Nakes dalam pelayanan akupresur di Puskesmas. Dengan sasaran Tenaga Kesehatan Puskesmas dengan kriteria tenaga profesi: perawat, bidan dengan minimal pendidikan D3. Dengan penerima manfaat diantaranya tenaga Kesehatan di puskesmas & puskesmas yang ditetapkan sebagai sasaran Renstra Kemkes tahun 2015 – 2019 sebagai Puskesmas yang melaksanakan pelayanan kesehatan tradisional integrasi.

Peserta pelatihan terdiri dari 25 tenaga kesehatan yang berasal dari 7 Kab/Kota. Dimana kegiatan ini telah dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari dimulai dari tanggal 28 – 24 Februari 2019 di Hotel Pelangi Km. 06, Tanjungpinang, yang dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Dr. H. Tjetjep Yudiana, M.Kes dan dihadiri oleh Kasubdit Integrasi Dirjen Yankes Tradisional Kemenkes RI dr. Gita Swisari, MKM dan dr. Ina Farhaniah Sp. Ak .

Video Promosi Kesehatan

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg
  • WhatsApp_Image_2020-11-11_at_20.03.23.jpeg
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech