• Vaksin COVID-19 Telah Dimulai Untuk Masyarakat Usia 18 Tahun Keatas
  • Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Aula Asrama Haji, Tanjungpinang

    Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Aula Asrama Haji, Tanjungpinang

  • Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat RT/RW dalam Pencegahan COVID-19

    Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat RT/RW dalam Pencegahan COVID-19

  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Tajur biru, Temiang Pesisir Kab. Lingga.

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Tajur biru, Temiang Pesisir Kab. Lingga.

  • Selamat dan Sukses atas pelantikan Bapak Ansar Ahmad dan Ibu Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Periode 2021-2024.
  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

  • Dialog Interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

    Dialog interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

  • Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

    Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

  • Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

    Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

  • Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

  • Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang

    Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang, Kota Batam

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Susun Langkah Sukseskan Kampanye Imunisasi Measles & Rubella (MR) Di Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun 2018

adsos anambas MR

Kegiatan kampanye imunisasi MR, di Kepulauan Riau termasuk pada Fase II yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus-September 2018 sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Fase I Kampanye MR telah diselenggarakan di seluruh Pulau Jawa pada bulan Agustus-September 2017.

Guna menyukseskan Kampanye MR serentak di wilayah Kepulauan Riau Agustus mendatang, dilakukan Pertemuan advokasi, sosialisasi dan koordinasi pelaksanaan Kampanye Imunisasi Measles & Rubella (MR) tahun 2018 di Kabupaten Kepulauan Anambas  (24/05/2018) yang dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas Herianto, S.IP  di Tarempa didampingi perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Kabid P2P (H. Irmansyah, SKM, MPH). Pertemuan bertujuan untuk menggalang komitmen, dukungan yang konkrit serta partisipasi aktif seluruh pihak terkait (pimpinan daerah, sekolah, tokoh agama, tokoh masyarakat, ketua TP PKK, organisasi masyarakat dan organisasi keagamaan).

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas didapat bahwa jumlah sasaran Imunisasi MR sebanyak 968 anak (rentang umur 9 bulan s.d 15 tahun). Target minimal 95% dari sasaran tersebut harus mendapat Imunisasi MR pada saat Kampanye MR di Bulan Agustus-September 2018 ini.

ttd MR anambas

Gambar : Penandatangan Komitmen Bersama Sukseskan Kampanye MR

Komitmen dan dukungan dari pimpinan daerah, sekolah, tokoh agama, tokoh masyarakat, ketua TP PKK, organisasi masyarakat dan organisasi keagamaan dibuktikan dengan adanya penandatangan komitmen pada spanduk yang telah disediakan oleh panitia pertemuan. Kabid P2P Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau mengharapkan dengan adanya penandatangan komitmen tersebut kegiatan kampanye MR di Kabupaten Kepulauan Anambas bisa berjalan lancar dan target 95% bisa tercapai sehingga dapat terbentuk kekebalan komunitas (herd immunity) dalam memutus penularan penyakit Campak dan Rubella.

CampakRubella

Campak merupakan penyakit yang sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui batuk dan bersin. Gejala penyakit campak adalah demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit (rash) disertai dengan batuk dan/atau pilek dan/atau konjungtivitis akan tetapi sangat berbahaya apabila disertai dengan komplikasi pneumonia, diare, meningitis dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini sangat berpotensi menjadi wabah apabila cakupan imunisasi rendah dan kekebalan kelompok/herd immunity tidak terbentuk. Ketika sesorang terkena campak, 90% orang yang berinteraksi erat dengan penderita dapat tertular jika mereka belum kebal terhadap campak. Seseorang dapat kebal jika telah diimunisasi atau terinfeksi virus campak.

Rubella adalah penyakit akut dan ringan yang sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan. Akan tetapi yang menjadi perhatian dalam kesehatan masyarakat adalah efek teratogenik apabila rubella ini menyerang pada wanita hamil pada trimester pertama. Infeksi rubella yang terjadi sebelum konsepsi dan selama awal kehamilan dapat menyebabkan abortus, kematian janin atau sindrom rubella kongenital (Congenital Rubella Syndrome/CSR) pada bayi yang dilahirkan.(RP/SV)

Video Promosi Kesehatan

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg
  • Vaksin_Masyarakat.jpeg
  • WhatsApp_Image_2020-11-11_at_20.03.23.jpeg
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech